Explore the amazing world of mechanical engineering.
Established 2010


Minggu, 30 September 2012

Selamat Ulang Tahun PT. KAI

Logo PJKA
Aduh, saya lupa ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada PT KAI (Persero) yang ke-67. Oh ya, PT KAI berulang tahun setiap tanggal 28 September. Kalau sekarang sudah 67 tahun, maka PT KAI Lahir pada tahun 1945.
Logo PT. KAI lama
Pada saat itu, Para karyawan kereta api yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) menduduki Kantor Pusat Perusahaan Kereta Api Jepang di Bandung. Ismangil, salah seorang karyawannya, membacakan pernyataan sikap AMKA terhadap Perusahaan Kereta Api Jepang tersebut bahwa mulai tanggal 28 September 1945 Perusahaan Kereta Api murni milik Indonesia.
Logo Perumka yang hanya berlaku selama setahun
Setelah perundingan sengit antara golongan tua dengan Direksi Perusahaan Kereta Api Jepang, maka Jepang rela menyerahkan perusahaan kereta apinya kepada Pemerintah Indonesia. Di hari itu juga segera didirikan DKARI (Djawatan Kereta Api Republik Indonesia). Namun, rasanya nama DKARI kurang cocok. Esoknya DKARI berganti nama menjadi PNKA (Perusahaan Nasional Kereta Api). Pada tanggal 15 September 1971, PNKA berganti nama menjadi PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api). 20 tahun kemudian, tepatnya tanggal 2 Januari 1991, PJKA kembali berganti nama menjadi Perumka (Perusahaan Umum Kereta Api). 1 Juni 1999 Perumka kembali mengganti namanya menjadi PT Kereta Api Indonesia dan sejak itu PT. KAI belum pernah mengganti namanya lagi.
Logo PT. KAI baru
Sedangkan untuk logo, PT. KAI hanya berganti 4 kali.
Sekian artikel saya kali ini. Sekali lagi, selamat ulang thaun PT. KAI!
Semoga kedepannya PT. KAI menjadi perusahaan kereta api nomor satu dunia. Amin!

Read more...

Lokomotif Fairlie


Robert Francis Fairlie
Lokomotif Fairlie merupakan salah satu jenis lokomotif artikulasi dengan dua boiler kembar di depan dan belakang, atau dengan tangki batubara dan air yang dipendekkan tingginya. Lokomotif fairliedibuat oleh ilmuwan Skotlandia bernama Robert Francis Fairlie pada tahun 1864. Konsep lokomotif fairlie masih dipakai untuk hampir semua jenis lokomotif diesel dan listrik masa kini, yaitu bisa berjalan dengan posisi depan atau belakang yang menghadap depan.

Read more...

Lokomotif Meyer


Lokomotif Meyer milik Deutsche Bahn
Lokomotif Meyer merupakan salah satu jenis lokomotif artikulasi, yaitu lokomotif yang memiliki satu atau lebih bogie yang tidak terikat pada boiler. Lokomotif berbeda dengan lokomotif mallet, semua bogie pada lokomotif meyer tidak terikat pada boiler, memungkinkan mereka bebas berbelok ke kanan atau ke kiri

Read more...

Senin, 24 September 2012

Lokomotif Mallet

Anatole Mallet diabadikan di perangko.
Lokomotif Mallet adalah lokomotif dengan dua bogie yang berdekatan satu sama lain, berbeda dengan lokomotif garratt yang bogienya hanya ada di kedua ujung boiler. Lokomotif mallet diciptakan oleh Anatole Mallet, seorang insinyur Swiss.

Read more...

Minggu, 23 September 2012

Lokomotif Garratt

Herbert William Garratt
Lokomotif Garratt adalah sebuah jenis lokomotif uap karya Herbert William Garratt, seorang insinyur kereta api dari Inggris. Lokomotif garratt terbagi menjadi tiga bagian utama. Bagian pertama adalah boiler atau ketel uapnya, dan sisanya untuk bogie rodanya.

Read more...