Explore the amazing world of mechanical engineering.
Established 2010


Sabtu, 05 Januari 2013

Lokomotif Climax

Lokomotif Climax milik Willamsport & North Branch Railroad
Lokomotif Climax adalah lokomotif dengan sistem roda gigi dan gardan seperti pada lokomotif heisler. Dua silinder yang ditempatkan diagonal pada lokomotif climax akan menggerakkan kotak reverser (dalam dunia otomotif disebut gearbox) yang berguna untuk mengarahkan laju lokomotif (ke depan atau belakang).
Gardan yang menuju bogie depan dan belakang akan berputar apabila silinder bergerak. Berbeda dengan heisler, pada lokomotif climax tidak memiliki batang penggerak luar, jadi gardan akan langsung menggerakkan semua roda.
Climax Class A milik sebuah perusahaan kayu di Cepu
Lokomotif climax dibuat dan dipatenkan oleh Rush S. Battle pada tahun 1891. Rush mematenkan desain climax yang nantinya akan menjadi Climax Class B. Sedangkan Charles Darwin Scott, mematenkan desain climax modifikasinya pada tahun 1892. Desain Scott merujuk pada lokomotif Gilbert/Dunkirk yang diciptakan oleh kerabatnya, George Darwin Gilbert. Desain Scott adalah dasar dari penciptaan Climax Class A.
Climax Class B milik Lewisburg & Buffalo Railroad
Semua lokomotif climax dibuat oleh Climax Manufacturing Co. di Corry, Pennsylvania. Beberapa tahun kemudian namanya berubah menjadi Climax Locomotive Works. Climax Locomotive Works juga membuka cabang di Seattle yang melayani penjualan, perawatan dan perbaikan climax.
Lokomotif climax memiliki beberapa jenis, antara lain :
Climax Class C milik Saginaw Timber Co.
Climax Class A, merupakan lokomotif climax buatan Scott. Climax ini memiliki dua sililnder vertikal di tengah lokomotif, dan sebagian badannya dipakai untuk boiler. Ada juga climax yang menggunakan boiler vertikal. Climax Class A lebih mirip trem uap dibandingkan lokomotif, karena bentuknya memungkinkan untuk mengangkut banyak penebang kayu untuk menumpang kembali ke kota. Climax Class A biasanya digunakan untuk mengangkut tebu dan kayu. Beratnya tak lebih dari 10 ton.
Climax Class B, merupakan lokomotif climax desain dari Rush S. Battle. Bentuknya sama seperti lokomotif konvensional, namun silinder yang ditempatkan secara diagonal. Climax Class B memiliki dua bogie dan sepasang silinder diagonal. Beberapa masinis berpendapat bahwa climax lebih unggul dari shay dalam hal daya tarik namun lemah dalam hal stabilitas. Climax Class B seringkali menghentak ketika mulai berjalan. Beratnya berkisar antara 17 sampai 60 ton.
Climax Class C, merupakan lokomotif pengembangan dari Climax Class B. Memiliki tiga bogie, dan salah satunya berada di tender. Climax Class C juga sudah diperbagus, sehingga hentakan ketika mulai berjalan tidak begitu terasa. Ferdinand, seorang tokoh dalam kartun serial Thomas and Friends adalah Climax Class C.

0 komentar: