Explore the amazing world of mechanical engineering.
Established 2010


Kamis, 02 Januari 2014

Lima Lokomotif Terkuat di Dunia

Berikut ini ada beberapa lokomotif terkuat di Dunia yang dirangkum dari Wikipedia Bahasa Inggris.


Ae 8/14 11852


Ae 8/14 merupakan lokomotif listrik yang dibuat oleh SLM (Swiss Locomotive and Machine Works) dan hanya tiga jenis yang pernah dibuat, salah satunya adalah seri Ae 8/14 11852. 11852 sebenarnya adalah lokomotif pengembangan dari Ae 8/14 11851 dengan tenaga yang ditambah. Hal ini membuat lokomotif bisa membawa beban lebih banyak melewati tanjakan berat di Swiss. Daya yang ada pada lokomotif 11852 mencapai 10.948 hp (8170 kW) dan masih memegang rekor dunia untuk lokomotif terkuat.

Re 620

Re 620 juga merupakan lokomotif listrik yang juga dibuat oleh SLM. Re 620 dibuat untuk menaklukkan tanjakan di jalur Gotthard, Swiss dengan gradien mencapai 27%. Saking khususnya, Re 620 dijuluki juga sebagai 'Lokomotif Gotthard'. Re 620 diproduksi sebanyak 89 unit. Keluaran daya lokomotif ini mencapai 10.700 hp (8.000 kW).



Re 460
 
Re 460 merupakan lokomotif listrik yang dibuat untuk menggantikan Re 620 yang kebetulan usianya sudah uzur. Re 460 sekarang didinaskan di jalur Yverdon, Swiss. Re 460 awalnya dirancang untuk menjadi lokomotif kereta penumpang, namun sekarang Re 460 lebih diperbantukan untuk menarik kereta barang. Kecepatan puncaknya mencapai 200 km/jam, dan daya lokomotif ini mencapai 9.390 hp (7.000 kW).

GE 101

GE 101 (lebih dikenal dengan nama GTEL) merupakan lokomotif turbin gas yang dibuat oleh General Electric, Amerika. Konesp lokomotif ini sederhana saja, gas yang diuapkan dari bahan bakar akan memutar turbin yang selanjutnya akan memutar generator. Generator ini akan menggerakkan motor traksi, dan akhirnya motor traksi akan menggerakkan roda. Sistem yang unik ini dapat menghasilkan daya yang besar, mencapai 8.500 hp (6.300 kW), tergolong tenaga yang besar untuk lokomotif seukurannya.

DDA40X

DDA40X merupakan lokomotif diesel elektrik dengan dua mesin buatan EMD (Electro Motive Diesel), Kanada. DDA40X ini juga dikenal dengan sebutan Big Jack. DDA40X memiliki panjang 30 m, sangat panjang untuk sebuah lokomotif dengan satu rangka. DDA40X dirancang untuk bisa melewati gurun yang gersang tanpa harus mengisi ulang radiator terus-menerus. Daya yang dikeluarkannya mencapai 6.600 hp (4920 kW).