Explore the amazing world of mechanical engineering.
Established 2010


Jumat, 14 Juni 2013

Breitspurbahn


Perbandingan lokomotif breitspurbahn dengan lokomotif biasa.


Rute breitspurbahn.
Breitspurbahn (artinya sepur yang lebar) adalah lebar sepur (track gauge) terlebar yang pernah ada. Breitspurbahn memiliki lebar sepur 3000 mm, dua kali lebar sepur standar (1435 mm) dan hampir tiga kali lebar sepur cape (1067 mm).

Breitspurbahn digagas oleh Adolf Hitler sebagai proyek perkeretaapian rahasia Jerman. Breitspurbahn muncul setelah Hitler merasa bahwa lebar sepur standar sudah tidak cocok lagi dengan arus transportasi Jerman saat itu. Selain itu, Hitler membutuhkan transportasi untuk mengangkut kapal perangnya dari pabriknya di München menuju pelabuhan militer di Hamburg untuk invasi ke Britania Raya. Hitler menggandeng beberapa perusahaan pembuat kereta api, seperti Henschel dan Fried Krupp.
Gerbong spesial KA breitspurbahn.
Awalnya para insinyur menganggap breitspurbahn terlalu berlebihan, dan mengusulkan menggunakan empat batang rel dalam satu sepur. Namun Hitler mengabaikanyya. Bahkan Hitler menjadikan breitspurbahn sebagai proyek utamanya. Jalur breitspurbahn pertama dibangun dari Hamburg menuju Berlin, Nürnberg, München, dan Linz.
Sebenarnya breitspurbahn menggunakan lebar sepur sebesar 4000 mm, namun dibatalkan karena biaya pembuatan jalur yang terlalu mahal. Breitspurbahn Tidak menggunakan batu kricak sebagai alas, dengan kata lain ballastless. Dua papan beton tebal ditanam ke dalam tanah, lalu diatasnya diberi lapisan semacam karet. Barulah diatasnya diberi rel dengan tipe R96. Konstruksi semacam ini lalu dikembangkan, dan akhirnya menjadi slab track.
Perbandingan lokomotif breitspurbahn dengan Big Boy.
Lokomotif yang melaju di atas breitspurbahn hanyalah diesel elektrik dan uap, dan memiliki daya hingga 18000 hp. Lokomotif terpanjang berupa lokomotif uap, dengan panjang mencapa1 91.44 m dengan susunan gandar 8-8-8+8-8-8+8-8-8 dan diameter roda penggerak mencapai 299.72 cm. Lokomotif 'terpendek' panjangnya 48 m, dengan susunan gandar D-D-D-D+D-D-D-D+D-D-D-D dan dirancang untuk mencapai kecepatan 145 km/jam. Untuk gerbong penumpang memiliki panjang 62 m, lebar 6 m, dan tinggi 7 m. Gerbong ini dilengkapi dengan fasilitas bioskop, restoran, kolam renang, sauna, bahkan pangkas rambut. Panjang keseluruhan kereta ini mencapai 500 m.