Lokomotif Meyer
Lokomotif Meyer milik Deutsche Bahn |
Lokomotif Meyer merupakan salah satu jenis lokomotif
artikulasi, yaitu lokomotif yang memiliki satu atau lebih bogie yang tidak
terikat pada boiler. Lokomotif berbeda dengan lokomotif mallet, semua bogie
pada lokomotif meyer tidak terikat pada boiler, memungkinkan mereka bebas
berbelok ke kanan atau ke kiri
.
.
Lokomotif
meyer diciptakan oleh insinyur Perancis bernama Jean Jacques Meyer. Meyer
mematenkan desainnya ini pada tahun 1861. Lokomotif pertama yang memakai sistem
ini bernama L’Avenir, dibuat oleh M. M. Cail tujuh tahun kemudian. Proyek ini
sebagian dananya berasal dari Pemerintah Perancis.
Lokomotif
meyer banyak ditemui di Eropa, khususnya Perusahaan KA dengan narrow gauge di
Jerman. Lokomotif meyer sangat efektif untuk menggerakkan snow plough
(lokomotif pembersih salju di rel) karena tidak ada tabung piston di depan,
sehingga snow plough bisa lebih leluasa.
Namun
lokomotif meyer ini kurang laku, karena tungku api menjadi terbatas ruangnya
karena bogie penggerak belakang fleksibel berada tepat di bawahnya. Ini
menjadikan kapasitas tungku lebih sedikit. Untuk mencapai panas maksimal pun
lebih lama.
Lalu
pada tahun 1894, Kitson & Co. menyarankan Meyer untuk memundurkan bogie
penggerak belakang sehingga tungku api bisa ditambah kapasitasnya. Awalnya
Meyer sempat menolak, karena desain ini mirip dengan desain Lokomotif Garratt
buatan Herbert William Garratt (saya sudah menulis tentang lokomotif garratt
sebelumnya). Namun, setelah meyakinkan Meyer bahwa letak tabung piston Garratt
berada di paling depan dan paling belakang, sedangkan pada Meyer berada hampir
mendekati titik tengah, maka usul Kitson diterima juga.
Maka
lahirlah jenis lokomotif baru, yaitu lokomotif Kitson Meyer hasil jerih payah
Kitson & Co. dan Meyer. Awalnya, orang awam mengira kitson meyer adalah
sejenis garratt. Namun Kitson dan Meyer berhasil meyakinkan orang awam bahwa
lokomotif kitson meyer jauh berbeda dengan garratt. Pada hari-hari selanjutnya
lokomotif kitson meyer menjadi saingan baru bagi lokomotif garratt.
Terima
kasih sudah membaca artikel ini. Hari-hari selanjutnya saya akan menulis
tentang Lokomotif Fairlie.
0 komentar:
Posting Komentar