Explore the amazing world of mechanical engineering.
Established 2010


Rabu, 08 Mei 2013

Pantograf

Pantograf tipe berlian (diamond)
Pantograf adalah sebuah 'pengambil arus' dari kawat LAA (Listrik Aliran Atas). Pantograf itu sendiri ditempatkan di atap kereta.
Pantograf ditemukan oleh John Q. Brown pada tahun 1903. Pantograf buatannya berbentuk seperti berlian yang masih digunakan sampai sekarang oleh beberapa lokomotif listrik.
Pantograf merupakan pengembangan dari Trolley Pole yang banyak digunakan oleh bus dan trem. Pantograf lebih efisien dibandingkan trolley pole karena pantograf bisa digunakan pada kecepatan tinggi tanpa terlepas dari kabel.
Tipe pantograf lain adalah tipe asimetris atau tipe Z. Pantograf ini memungkinkan kereta berkecepatan tinggi, seperti TGV, tetap melaju kencang tanpa kehilangan kontak dengan kawat LAA. Pantograf ini juga bisa dipakai di KRL.
Trolley bus, bis yang memakai trolley pole.
Di kawat LAA, ada sebuah kabel atas yang mengalirkan listrik, disebut catenary, dan ada kabel bawah yang menjadi tempat bertemunya sepatu pantograf (contact shoe) dan LAA, disebut contact wire. Contact wire inilah yang akan menyediakan arus listrik untuk kereta api. Pantograf bisa terus menempel pada kawat LAA dikarenakan sistem pneumatik yang akan menekan pantograf ke atas. Jika tekanan pneumatik hilang, pantograf akan turun. Rel KA bertindak sebagai ground (penetralisir).
Pantograf sekarang banyak digunakan oleh hampir seluruh lokomotif listrik dan KRL di dunia. Karena pantograf memungkinkan pemakaian voltase yang besar, sekitar 1500-25000 V.
Pantograf tipe Z
Berdasarkan tipe lengannya, pantograf terbagi dua, single arm dan double arm. Pantograf single arm adalah tipe Z, sedangkan double arm adalah tipe berlian.
Pantograf double arm lebih berat untuk diangkat, oleh karenanya pantograf ini menggunakan sistem pneumatik. Tetapi pantograf double arm lebih kuat, karena beban contact shoe terbagi dua. Contohnya pada KRL Rheostatik dan Tokyo Metro 6000 dari Jepang.
Sedangkan pantograf single arm mudah diangkat karena ringan, biasanya menggunakan per untuk mengangkatnya. Contohnya adalah KRL BN-Holec dari Belgia dan KRL INKA-Bombardier.

Sumber : Wikipedia, Pantograph

0 komentar: