Explore the amazing world of mechanical engineering.
Established 2010


Minggu, 30 September 2012

Lokomotif Meyer


Lokomotif Meyer milik Deutsche Bahn
Lokomotif Meyer merupakan salah satu jenis lokomotif artikulasi, yaitu lokomotif yang memiliki satu atau lebih bogie yang tidak terikat pada boiler. Lokomotif berbeda dengan lokomotif mallet, semua bogie pada lokomotif meyer tidak terikat pada boiler, memungkinkan mereka bebas berbelok ke kanan atau ke kiri
.
                Lokomotif meyer diciptakan oleh insinyur Perancis bernama Jean Jacques Meyer. Meyer mematenkan desainnya ini pada tahun 1861. Lokomotif pertama yang memakai sistem ini bernama L’Avenir, dibuat oleh M. M. Cail tujuh tahun kemudian. Proyek ini sebagian dananya berasal dari Pemerintah Perancis.
                Lokomotif meyer banyak ditemui di Eropa, khususnya Perusahaan KA dengan narrow gauge di Jerman. Lokomotif meyer sangat efektif untuk menggerakkan snow plough (lokomotif pembersih salju di rel) karena tidak ada tabung piston di depan, sehingga snow plough bisa lebih leluasa.
                Namun lokomotif meyer ini kurang laku, karena tungku api menjadi terbatas ruangnya karena bogie penggerak belakang fleksibel berada tepat di bawahnya. Ini menjadikan kapasitas tungku lebih sedikit. Untuk mencapai panas maksimal pun lebih lama.
                Lalu pada tahun 1894, Kitson & Co. menyarankan Meyer untuk memundurkan bogie penggerak belakang sehingga tungku api bisa ditambah kapasitasnya. Awalnya Meyer sempat menolak, karena desain ini mirip dengan desain Lokomotif Garratt buatan Herbert William Garratt (saya sudah menulis tentang lokomotif garratt sebelumnya). Namun, setelah meyakinkan Meyer bahwa letak tabung piston Garratt berada di paling depan dan paling belakang, sedangkan pada Meyer berada hampir mendekati titik tengah, maka usul Kitson diterima juga.
                Maka lahirlah jenis lokomotif baru, yaitu lokomotif Kitson Meyer hasil jerih payah Kitson & Co. dan Meyer. Awalnya, orang awam mengira kitson meyer adalah sejenis garratt. Namun Kitson dan Meyer berhasil meyakinkan orang awam bahwa lokomotif kitson meyer jauh berbeda dengan garratt. Pada hari-hari selanjutnya lokomotif kitson meyer menjadi saingan baru bagi lokomotif garratt.
                Terima kasih sudah membaca artikel ini. Hari-hari selanjutnya saya akan menulis tentang Lokomotif Fairlie.

0 komentar: